TIPS MERAWAT SPRINGBED DARI KUTU KASUR

TIPS MERAWAT SPRINGBED DARI KUTU KASUR

Kutu kasur atau tungau ( tumbila;sunda, tinggi;jawa, tanga;batak) adalah nama insektisida yang menjadi musuh manusia karena kebiasaannya suka menggigit dan menghisap darah manusia. Berbagai upaya dilakukan oleh manusia untuk membasmi binatang yang merugikan ini, diantaranya dengan cara menyemprotkan pestisida , menjemur springbed yang diketahui menjadi sarang tungau atau dengan menaburkan serbuk pembunuh pestisida di tempat bersarangnya tungau-tungau ini.
Tungau termasuk binatang yang cocok hidupnya di tempat yang hangat oleh karena itulah mereka menjadi hama yang ditemukan subur berkembang biak di alat rumah tangga yang berspon dan hangat serta mudah dijadikan tempat berlindung seperti di sofa, di springbed atau di kasur kapuk.
Perkembangbiakan tungau sangat agresif oleh karena itu ketika menemui gejala akan ada tungau di tempat tidur atau sofa sebaiknya ditangani dengan serius sedari awal sebelum jumlahnya menjadi sangat banyak, karena memberantas tungau sebelum menjadi banyak akan lebih baik daripada bekerja untuk menghilangkannya ketika sudah menyebar luas. Tetapi masalahnya cukup sulit untuk mengetahui keberadaan tungau ketika masih dalam bentuk telur atau bayi-bayi tungau, mengingat ukurannya yang sangat kecil serta warnanya yang kabur, tidak gelap sebagaimana layaknya tungau dewasa.

Dibawah ini ciri-ciri tungau pada setiap tahapan siklus perkembangbiakannya:
Telur, pada fase ini ukurannya hanya sebesar kepala paku, warnanya mirip warna mutiara, ukurannya sangat kecil.
Ketika menetas lalu tumbuh menjadi tungau muda ciri-cirinya sebagai berkut; Ukurannya masih kecil, berwarna bening atau kuning keputihan, bentuknya pipih hampir tidak terlihat dengan mata telanjang.
Tungau dewasa dapat diketahui dari ciri-ciri sebagai berikut; Ukurannya kira-kira seukuran biji apel (panjang 5-7 mm), warnanya kecoklatan, tubuhnya pipih dan kalau sudah makan menjadi ber bentuk oval.

Karena bentuknya yang seperti demikian maka hama ini sulit teridentifikasi dari dini, tidak seperti kutu busuk pada karpet atau serangga lain. Sebagai upaya pencegahan dianjurkan supaya springbed ketika masih baru sudah di bungkus dengan sarung springbed yang mempunyai kulaitas bagus bahkan diantaranya ada bungkus spring bed yang memiliki kelebihan manfaat sebagai pelindung berkembang biaknya tungau sarung ini dikenal dengan nama bed bug mattress protector kelebihan lain daripada pemakaian sarung ini, yaitu dalam hal perawatannya, karena sarung dilengkapi dengan ritsleting sehingga setiap saat bisa di buka dan sarungnya di cuci sehingga hama tungau tidak sempat betkembang biak. Dibawah ini contohCuci Springbed sarung yang dimaksud.

Adapun jika springbed sudah terjangkiti hama tungau sebaiknya segera di bersihkan hingga tuntas, jasa bikin springbed biasanya juga melayani permintaan cuci springbed, sebaiknya hal ini dilakukan agar spring bed terbebas dari hama tungau kemudian setelah tungaunya bersih baru dipakaikan sarung pelindung hama tungau.
Informasi tempat cuci springbed bisa dilihat di sini